Selasa, 22 November 2016

Model kandang bebek peking

Kandang bebek peking dapat jadi pilihan untuk budidaya. Agar hasil maksimal ternak bebek peking perlu menentukan kandang yang tepat dengan kondisi masing-masing peternak.

Seperti sudah diketahui ternak bebek peking sangat menguntungkan. Kentungana atau kelebihan ternak bebek peking diantaranya, pertumbuhan cepat, bebek peking lebih kuat terhadap serangan penyakit dibanding dengan jenis bebek lain. Ternak bebek peking dari segi peralatan juga tidak sulit. Masih banyak kentungan lain, baca keuntungan ternak bebek peking.

Kembali ke kandang, ada beberapa pilihan kandang kalau Andari ingin budidaya bebek peking. Berikut ini kami kutip dari berbagai sumber tata cara ternak bebek peking yang sudah melaksanakan dan berhasil. Andari boleh pilih yang mana cocok dengan kondisi usaha masing-masing.


Kandang Bebek Peking


  4TYPE KANDANG BEBEK PEKING

1. Kandang battery
Pilihan pertama kandang dengan ukuran 45 x 45 x 35 cm. Dimana kandang type seperti ini bebek dalam kandang terdiri dari 1 kandang 1 ekor ekor bebek dewasa.

Type kandang seperti ini bebek dapat dikontrol lebih teliti dan mudah. Andari lebih mudah mencek dan mengontrol kesehatan ternak satu persatu. Dengan demikian menghindari penyakit juga lebih mudah. Selain itu juga lebih mudah melihat pertumbuhan bebek seperti berat badan dll. Lebih tepat menilai produktifitas telur masing-masing ternak.

Hanya saja kekurangan dari type ini adalah biaya yang dikeluarkan lebih tinggi dibanding dengan type kandang lain, karena harus membeli bahan lebih banyak.

2. Kandang postal
Usaha ternak bebek peking juga dapat dilakukan dengan kandang postal. Kandang postal adalah dimana bebek peking ditempatkan dalam 1 kandang besar dengan jumlah tertentu.

Kapasitas bebek dalam 1 kandang tergantung dari peruntukkan kandang. Peruntukan kandang bisa untuk ternak bebek starter, ternak bebek grower atau untuk ternak bebek layer.

Ternak untuk bebek starter adalah bebek umur 1 hari sampai 60 hari, kapasitas dalam 1 kandang bisa 10 - 15 ekor / m2. Ternak untuk bebek grower adalah bebek umur 61 hari sampai 150 hari dengan kapasitas 6 - 8 ekor / m2. Ternak untuk bebek layer adalah bebek masuk masa bertelur umur 5 bulan atau lebih, kapasitas dalam satu kandang 3 - 5 ekor / m2.

Kandang type seperti ini makanan dan minuman ditempatkan dalam 1 tempat 1 ruangan. Ternak dipelihara dalam satu ruangan. Kandang seperti ini lebih diperuntukkan untuk pemeliharaan bebek starter dan grower tapi tidak tertutup kemungkinan untuk bebek layer.

Lebih jauh pemeliharaan bebek starter grower layer baca cara perawatan bebek peking

3. Kandang ranch
Kandang ranch adalah pengembangan dari kandang postal. Kandang ranch terdiri dari ruangan tempat ternak dan di bagian luar halaman depan ada tempat bermain, biasa disebut degan kandang umbaran.

Kandang umbaran dilengkapi dengan saluran air atau kolam, berfungsi sebagai tempat mandi, membersihkan kotoran menempel pada badan bebek. Juga berfungsi sebagai pendingin tubuh bebek waktu siang hari karena bebek peking tidak tahan terhadap panas. Maka kolam sangat berguna bagi mereka.



4.Model  ranch kandang panggung.
Model. kandang ini adalah seperti kandang postal tetapi dibuat bertingkat atau panggung,jadi semua bebek ada pada tingkat 2,dengan landasan bambu yang disusun tidak rapat sehingga semua kotoran bebek bisa jatuh di landai dasar.Tujuan dari kandang model panggung adalah supaya kotoran bebek bisa terpisah dari bebeknya,maka dengan demikiian bisa di harapkan bebek bisa tumbuh sehat karena tidak meng injak2 kotorannya.
Ukuran kandang dibuat selebar 10 x50 m,ini bisa di isi sebanyak 2000 bebek yang disekat sekat menjadi 20 kelompok,jadi 1 kolom berisikan 100 bebek dod atau bebek dewasa.


Anda boleh pilih kandang seperti apa yang cocok untuk usaha bebek peking masing kondisi. Mudah mudahan membantu macam macam kandang bebek peking.

sumber