Minggu, 10 Februari 2013

Terapi Photodynamic (PDT)—Melawan kanker dengan “senjata laser”

 


 

Terapi Photodynamic (PDT)—Melawan kanker dengan “senjata laser”

  Definisi
  Terapi kanker photodynamic menggunakan photosensitive dan laser, dengan keefekifan tinggi membunuh sel kanker, adalah sebuah terapi tanpa luka. Pada tahun 1996 disetujui oleh FDA Amerika untuk diterapkan dalam klinis dan pada tahun 2003 disetujui oleh SFDA China untuk diterapkan dalam klinis.

  Menggunakan suntikan photosensitive, jaringan kanker menyerap banyak photosensitive, dan jaringan normal menyerap sangat sedikit; menggunakan laser khusus menyinari area kanker, dengan sinar laser, photosensitive langsung mengeluarkan keefektifannya untuk membunuh sel kanker, dan tumor hilang secara perlahan.
  Bentuk Terapi Kanker
  Operasi , kemoterapi , radioterapi , terapi immunisasi biologi , terapi photodynamic , merupakan 5 cara pengobatan kanker yang telah diakui di dunia internasional.
  Proses Terapi
  1.Langkah pertama : menyuntikkan photosensitive ke tubuh pasien, photosensitive 2.yang biasa dipakai adalah PHOTOFRIN®
  3.Langkah kedua : setelah disuntik harus menunggu 40 sampai 50 jam
  4.Langkah ketiga : menggunakan laser menyinari daerah kanker untuk membunuh sel kanker
  Keunggulan
  1.Minimal invasif--- tidak operasi, tidak luka, sakit ringan
  2.Hasil yang cepat --- 48-72 jam sudah dapat melihat hasilnya
  3.Mencegah kanker kambuh kembali --- membasmi sel atau lesi kanker yang kecil atau berpotensi kambuh kembali
  4.Jarang terjadi komplikasi --- toksisitas rendah, terutama digunakan untuk kanker stadium lanjut atau pasien yang sudah berusia lanjut dengan fisik lemah
  Penerapan atau aplikasi klinis
  1.Kanker orofaringeal : kanker mulut stadium awal, kanker nasofaring efisiensi mencapai 75%-100%
  2.Kanker esofagus : efektif memperbaiki penyumbatan yang disebabkan oleh kanker esofagus, mengobati kanker leher esofagus, mengobati kanker esofagus submukosa; dapat menghilangkan tumor yang ada pada bagian rongga esofagus, atau terhadap bagian rongga esofagus yang sudah dipasang stent.
  3.Barrett esofagus : tidak hanya efektif menghilangkan barrett esofagus, tetapi juga dapat mengobati adenomakarsinoma esofagus stadium awal.
  4.Kanker paru-paru : terhadap kanker saluran pernapasan stadium awal, pengobatan tarif 90%, terhadap kanker saluran pernapasan stadium lanjut dan yang mengalami penyumbatan, tingkat keberhasilan perbaikan mencapai 85%
  5.Kanker lambung : tingkat pengobatan kanker lambung stadium awal mencapai 85%, dapat memperbaiki gejala kanker lambung stadium lanjut
  6.Kanker kandung kemih : mengobati tuntas kanker primer, terhadap kanker stadium lanjut tingkat keefektifan 71%.
  Juga efektif mengobati kanker lainnya seperti : kanker usus, kanker saluran empedu, khususnya cocok untukpengobatan kanker saluran empedu hilar, kanker pankreas, kanker bagian perut, kanker hati, kanker otak, tumor kulit bagian selaput dada dan abdomen, kanker saluran kemih reproduksi.

sumber